Minggu, 06 Agustus 2017

Proses Keimanan

https://materidasarislammuslim.blogspot.co.id/

Apakah mereka tidak memperhatikan unta, bagaimana ia diciptakan; langit, bagaimana ditinggikan; gunung-gunung, bagaimana ditegakkan; bumi, bagaimana dihamparkan? ( TQS.al-Ghasyiyah [88]: 17-20 )
1.      Uqdah al-Kubra

Pada saat manusia beranjak dewasa yang ditandai oleh kesempurnaan akalnya, sejak itu ia
Mulai berpikir tentang keberadaan nya di dunia ini. Ia mulai berpikir tentang beberapa pertanyaan mendasar yang sangat perlu, bahkan harus ia jawab. Jawaban tersebut akan menjadi landasan kehidupan pada masa-masa selanjutnya. Selama masalah ini belum terjawab, selama itu pula manusia seolah `tersesat` tanpa tujuan jelas dan tidak akan berjalan di dunia ini dengan tenang. Kerana sifatnya yang demikian, beberapa pertanyaan pokok dan mendasar ini sering disebut sebagai `uqdah al-kubra ` ( simpul besar )

                        Pertanyaan mendasar tersebut berupa :
·         Dari manakah manusia dan kehidupan ini ?
·         Untuk apa manusia dan kehidupan ini ada ?
·         Akan kemana manusia dan kehidupan setelah ini ?

Jika tertanyaan ini terjawab maka seseorang akan memiliki landasan kehidupan sekaligus tuntutan dan tujuan kehidupannya, terlepas dari jawabannya benar atau salah. Selanjutnya ia berjalan di dunia ini dengan `landasan` itu, bahkan ia akan mengajak orang dan kaum lain agar menggikuti `landasan` tersebut.


            Ada pula seseorang atau suatu kaum yang menjawab : Di balik alam dan kehidupan ini ada pencipta yang mengadakan seluruh alam, termasuk dirinya, memberi tugas / amanah kehhidupan kepada manusia, dan kelak ada kehidupan lain setelah dunia ini, yang akan menghisab seluruh perbuatannya di dunia. 

0 komentar

Posting Komentar